Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Paling Ampuh Mengatasi Hp Lemot : Cocok untuk Hp Kentang

cara mengatasi hp lemot
Sumber gambar : Kanalwisata.com
Cara Paling Ampuh Mengatasi Hp Lemot : Cocok untuk Hp Kentang - Manusia modern saat ini sudah semakin ketergantungan terhadap penggunaan Hp, entah untuk kebutuhan belanja, mencari informasi maupun untuk saling berkomunikasi.

Namun, mengingat para pengguna Hp masih banyak yang menggunakan Hp dengan tipe dan spesifikasi yang belum mumpuni, maka sering terjadi crash dan hp menjadi lemot.

Kondisi Hp yang lemot pasti akan memperlambat pergerakan seseorang dalam menjalankan aplikasi di Hp tersebut, sehingga perlu tahu cara mengatasi Hp lemot agar tidak tambah parah.

Cara mengatasi Hp lemot sebenarnya cukup mudah dan cukup simpel, anda cukup tahu apa penyebabnya dan segera lakukan perbaikan dalam mengatasi Hp lemot tersebut.

Namun perlu diingat, bahwa mengatasi Hp lemot harus dilakukan dengan penanganan yang tepat agar perbaikan yang anda lakukan berpengaruh signifikan dalam mengatasi Hp lemot.

Sebenarnya hal yang wajar jika sebuah Hp mengalami penurunan performa sehingga terasa lemot saat digunakan terutama digunakan untuk bermain game online.

Berikut kami sudah rangkumkan apa saja yang bisa anda lakukan dalam mengatasi Hp yang lemot:

1. Muat Ulang atau restart Hp

Memuat ulang perangkat Hp akan sangat membantu dalam mengatasi Hp yang lemot, mungkin kesannya sangat sederhana, namun dampak pengaruhnya sangat baik untuk merefresh komponen dalam Hp yang lemot.

Penyebab Hp lemot biasanya karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background sehingga Hp menjadi lemot karena harus melakukan banyak tugas sehingga perlu secepatnya mengatasi Hp yang lemot ini dengan memuat ulang atau restart.

Mengatasi Hp lemot dengan memuat ulang atau merestart Hp akan menonaktifkan sebagian aplikasi yang awalnya berjalan di background, sehingga pemakain RAM menjadi lega dan Hp terbebas dari lemot.

2. Buang Aplikasi yang Tidak Dipakai

Membuang aplikasi yang tidak dipakai cukup berpengaruh dalam mengatasi Hp yang lemot, terutama aplikasi yang memunculkan banyak iklan dan menguras penggunaan memori internal maupun RAM sehingga Hp menjadi lemot.

Biasanya banyak terdapat aplikasi bawaan Hp yang cukup memakan banyak ruang sehingga menambah beban kinerja Hp dan menjadi penyebab Hp lemot.

Mengatasi Hp lemot dengan cara membuang aplikasi yang tidak dipakai sebenarnya cukup berpengaruh terhadap peningkatan performa, karena penggunaan RAM semakin longgar.

3. Tutup Aplikasi yang Berjalan Secara Multitasking

cara mengatasi hp lemot
Sumber gambar : Cntechpost.com
Penyebab utama Hp lemot biasanya karena terlalu banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan atau multitasking, karena Hp harus melakukan banyak tugas secara bersamaan sehingga menjadi lemot.

Cara mengatasi Hp lemot karena penggunaan aplikasi yang terlalu banyak yaitu cukup menutup semua aplikasi yang sudah tidak dipergunakan.

Hal ini lagi-lagi akan melegakan penggunaan RAM sehingga Hp bisa bekerja dengan tugas yang ringan sehingga terbebas dari lemot.

4. Memeriksa Kecepatan Koneksi Internet

Penyebab Hp lemot tidak selalu karena penggunaan RAM yang sudah penuh atau karena aplikasi banyak yang berjalan di background, tetapi bisa juga disebabkan koneksi internet yang buruk.

Oleh sebab itu, cara mengatasi Hp lemot karena koneksi internet buruk bisa dilakukan dengan menggunakan profider atau kartu sim yang berbeda.

5. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

Terkadang penyebab Hp lemot karena terlalu banyaknya file yang menumpuk sehingga mengganggu proses pembacaan data oleh komponen dan berdampak pada kinerja Hp yang semakin lemot.

Cara mengatasi Hp lemot dengan keluhan karena menumpuknya file pada ruang penyimpanan, anda cukup melakukan penghapusan pada berkas seperti foto, video, music, aplikasi, bahkan sejumlah file dokumen yang sudah tidak dibutuhkan.

6. Lakukan Pembaruan Software

cara mengatasi hp lemot
Sumber gambar : Youtube.com/okexyt
Segera periksa pengaturan Hp anda dan buka pembaruan perangkat lunak kemudian lakukan pembaruan.

Karena penyebab Hp lemot biasanya karena penggunaan software yang sudah kadaluarsa dan cara mengatasinya cukup lakukan pembaruan software.

7. Menonaktifkan Sinkronisasi

Cara mengatasi Hp lemot lainnya yaitu dengan menonaktifkan sinkronisasi akun. Hal ini bisa anda lakukan dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian cari sinkronisasi akun lalu nonaktifkan.

Sinkronisasi juga menjadi penyebab Hp lemot, karena Hp selalu melakukan pembaruan data pada akun aplikasi tertentu seperti FB, WA, Google yang berjalan di latarbelakang.

8. Lakukan Factory Reset

Jika Hp anda sudah dalam kondisi yang sudah lemot parah, maka cara mengatasi Hp lemot parah yaitu dengan kembali ke setelan pabrik atau factory reset sebelum Hp anda mengalami bootloop atau error.

Mengatasi Hp lemot dengan melakukan factory reset akan membuat Hp menjadi seperti baru, namun lakukan pencadangan data terlebih dahulu agar data-data anda tidak hilang.

9. Membeli Hp yang Baru

Solusi yang terakhir ini sangat membantu dalam mengatasi Hp yang lemot, dengan syarat Hp baru yang anda beli memiliki spesifikasi lebih tinggi dari Hp sebelumnya.

Penyebab Hp lemot pada Hp yang lama bisa saja karena perangkat pada Hp tersebut sudah jadul dan sudah tidak relefan dengan aplikasi saat ini yang sudah mengalami banyak pembaruan.

Sehingga anda tidak perlu repot mencari penyebab Hp lemot pada Hp yang lama, karena cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan membeli Hp yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Demikian ulasan yang sudah kami rangkum untuk anda tentang Cara Paling Ampuh Mengatasi Hp Lemot : Cocok untuk Hp Kentang serta penyebab Hp lemot dan bagaimana cara mengatasi Hp lemot tersebut, agar anda bisa dengan lancar menjalankan aktivitas dan dapat menjalankan aplikasi pada Hp anda dengan tanpa adanya kendala.

Posting Komentar untuk "Cara Paling Ampuh Mengatasi Hp Lemot : Cocok untuk Hp Kentang"